Membuat Bros dari Kardus Bekas

Membuat Bros dari Kardus Bekas

Kardus bekas jangan dibuang, ya.

Kardus yang sudah tidak terpakai bekas pembungkus barang atau bekas susu, jangan dibuang. Ada banyak kreativitas yang bisa kita lakukan menggunakan kardus bekas tersebut.

Saya mencoba membuat bros dari kardus bekas. Idenya muncul ketika saya melihat peniti untuk bros yang pernah saya beli, tergeletak begitu saja. Awalnya untuk saya tempel pada beberapa bros saya yang rusak atau hilang penitinya. Namun tidak juga punya kesempatan untuk bongkar tempat bros.

Baiklah, rezeki peniti bros itu untuk anak-anak.

Kardus sudah ada. Kreasi sudah ada juga di otak. Anak-anak kelas dua dan tiga SD saya minta untuk memikirkan kreasi yang akan mereka buat.

Kalau soal membuat karya, apalagi main cat, mereka senang sekali.

Jadi marilah kita mulai.

Caranya cukup menggambar bentuk yang diinginkan pada kardus. Lalu gunting dan beri warna. Bisa pakai cat air atau cat poster. Saya punya cat poster seharga Rp20.000. Saya pakai itu karena warnanya lebih terang dari cat air. Dan tidak berbau seperti cat minyak.

Setelah gambar dicat lalu dikeringkan. Tujuannya agar bisa saya beri lakban bening. Dengan diberi lakban bening, maka gambar akan seperti bersinar, jadi cantik ketika menjadi bros.

Setelah itu saya beri double tip busa. Bisa cari di toko alat tulis. Dan tempelkan peniti bros di atas double tip itu. Double tip busa ini akan merekat lebih kuat dari double tip biasa. Lebih aman juga di tangan anak ketimbang memakai lem yang lebih keras seperti lem korea.

Published by nurhaya3

Nurhayati Pujiastuti, owner Sanggar Mama Bilqis, Founder Penulis Tangguh, Kelas Merah Jambu dan Kelas Biru. Trainer Menulis.