Akhirnya Penulis dan Ilustrator Duduk Satu Meja #partone

Akhirnya….
Yup, akhirnya sampailah saya di titik ini. Titik di mana bisa merasakan tangga-tangga ilmu dalam membuat buku anak.
Ilustrator dan penulis disatukan dalam workshop Room to Read, sudah biasa ketika final naskah, setelah field testing di beberapa sekolah.
Di workshop letsread bersama Litara pun akhirnya penulis dan ilustrator duduk bersama dalam satu meja.
Yup.
Tapi workshop apakah itu?

Jadiiii, ceritanya pada tanggal 31 sampai tanggal 5, saya harus ke Jakarta.
Dua hari pertama di kantor Asia Foundation diadakan meeting. Meeting antara Asia Foundation, fasilitator dari Litara, editor (termasuk saya dan 4 editor lainnya) plus art editor (para ilustrator).
Kita mau apa, ya?
Kita mau membahas tekhnik dari pelaksanaan workshop untuk 15 penulis terpilih.
15 penulis ini terpilih dari banyaknya penulis yang mengirim naskah untuk diseleksi. Nah mereka akan diberi pelatihan dalam acara workshop selama dua hari di kantor Asia Foundation di Jakarta.
Mereka dibekali banyak ilmu, plus sesuatu yang baru.
Apa itu?
Kalau biasa panduan ilustrasi untuk ilustrator dalam bentuk tabel, maka sekarang beda lagi. Panduan untuk ilustrator sekarang berbentuk cerpen.
Jadi ilustrator akan membaca panduan cerpen itu berulang kali, sebelum akhirnya mereka mendapat gambaran. Naskah itu mau dibuat seperti apa?

Pada tanggal 3 dan 4, 15 penulis berkumpul.
Mereka diminta menulis naskah baru. Berdasarkan apa?
Berdasarkan tema foto-foto lingkungan karya anak-anak SMP, yang waktu itu terpilih oleh Asia Foundation untuk workshop dan mendapatkan kamera gratis dari mereka.
Mereka juga mendapat ilmu baru dari WWF, yang bercerita tentang betapa rusaknya lingkungan saat ini. Ada binatang lain sebagai indikator cuaca, punah. Karena lingkungan yang sudah semakin rusak. Kemungkin bila ini terus terjadi, maka dalam 10 tahun ke depan, bumi yang kita tempati dalam kondisi rusak parah. Akhirnya kita harus mencari planet lain untuk mencari kehidupan baru.

Setelah dua hari itu, mereka harus disaring lagi menjadi 10. Untuk disandingkan dengan 10 ilustrator pada tanggal 22 dan 23 nanti. Dan rencananya karya mereka akan tayang di aplikasi letsread pada bulan April.

Published by nurhaya3

Nurhayati Pujiastuti, owner Sanggar Mama Bilqis, Founder Penulis Tangguh, Kelas Merah Jambu dan Kelas Biru. Trainer Menulis.