Perempuan Hebat Bernama Bu Een

Ada banyak perempuan hebat yang saya temui.
Hebat di mata saya seringnya dianggap tidak hebat oleh orang lain. Hebat untuk saya bukanlah orang yang terkenal. Sering sekali saya termotivasi dan terinspirai untuk menjadi manusia bermanfaat untuk sesamanya, justru dari orang yang tidak dikenal secara luas.

Salah satunya adalah Bu Een Sukaesih.
Saya kaget ketika membaca beritanya di sebuah majalah. Lalu malu hati ketika menyadari. Ada seorang wanita yang cinta mati dengan mengajar. 27 tahun beliau mengajar dengan berbaring. Iya, Bu Een terkena penyakit langka yang menyerang tulang punggungnya. Hebatnya kecintaannya mengajar, tidak membuatnya patah semangat.
Beliau mengajar gratis di rumahnya untuk anak-anak di lingkungannya. Mengajarnya dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam.

Bu Een ini punya cinta yang tulus.
Tidak banyak yang kenal. Ketika naskah ini dibahas di kelompok pada waktu workshop Litara dengan Estee Lauder dam let’s read Asia, hampir semuanya tidak mengenalnya. Justru karena tidak dikenal itu saya berjuang agar nilai-nilai kebaikan yang Bu Een tularkan, bisa dikenal orang lebih banyak lagi. Salah satunya lewat tulisan tentu saja.

Saya ingat ketika di workshop itu saya bilang ke Mbak Eva dari Litara, saya akan berjuang untuk naskah ini. Tujuannya agar orang kenal Bu Een. Alhamdulillah naskah saya lolos ke tahap selanjutnya bersama 15 naskah lainnya.
Proses panjang revisi pun dimulai. Mbak Eva menjadi editor saya. Memberi masukan. Saya memang menginginkan ceritanya seperti twist ending. Jadi sosok Bu Een tidak ditampilkan di awal, tapi di akhir.

Alhamdulillah 10 hari Ramadan terakhir, mbak Eva kasih gambar lagi. Katanya bocoran. Waah saya senang sekali. Ilustrasinya pas untuk saya.
Tokoh utama Reta itu saya ambil dari nama tengah anak gadis saya, Mareta. Gambaran fisiknya juga sama.

Tanggal 20 kemarin, kami soft launching bersama let’s read Asia.

.

Bagi yang ingin baca, bisa baca di sini Ibu Guru Hebat

Published by nurhaya3

Nurhayati Pujiastuti, owner Sanggar Mama Bilqis, Founder Penulis Tangguh, Kelas Merah Jambu dan Kelas Biru. Trainer Menulis.