Kehidupan Rumah Tangga Rasulullah

Rasulullah memiliki banyak istri. Itu yang sering dideskreditkan oleh orang yang tidak paham kehidupan Rasulullah dan pesan apa yang dibawa dari setiap pernikahan beliau.
Sebagai muslim tentu saya harus belajar banyak. Salah satunya adalah belajar dari pernikahan beliau. Kenapa Allah memberikan beliau banyak istri.
Selain memahami bahwa istri-istri itu adalah cerminan dari sifat atau karakteristik para wanita, sehingga dengan begitu umatnya bisa paham bagaimana memperlakukan seorang wanita.

Jumlah wanita yang dinikahi oleh Rasulullah ada 13. Sembilan diantaranya ditinggal mati oleh Rasulullah. Dua diantaranya meninggal pada saat Rasulullah masih hidup yaitu Khadijah dan Zainab binti Khusdan. Dan dua istri lainnya belum pernah digauli.

Istri pertama beliau bernama Khadijah. Rasulullah menikah ketika beliau berusia 25 tahun dan Khadijah usianya 40 tahun. Khadijah adalah wanita yang pertama dinikahi Rasulullah dan Rasulullah tidak pernah memadunya selama 30 tahun pernikahan mereka. Jadi masa-masa muda Rasulullah dihabiskan untuk satu istri yaitu Khadijah.
Ketika Khadijah meninggal dan Rasulullah menikah lagi, maka tujuan pernikahan itu bukan sekedar syahwat. Tapi karena ada tujuan lain, seperti melindungi janda-janda yang ditinggal syahid suaminya. Juga merekatkan hubungan persahabatan misalnya pernikahan dengan anak Aisyah putri Abu Bakr dan Hafshah putri dari Umar.

Dari Khadijah, Rasulullah memiliki anak laki-laki dan perempuan.
Anak yang laki-laki tidak ada yang hidup. Al Qasim dan Abdullah (dijuliki ath Thayyib atau yang baik, dan ath -Thahir yang suci) adalah anak laki-laki beliau yang meninggal. Sedangkan yang perempuan adalah Zainab, Ruqayyah. Ummu Kultsum dan Fathimah.

Istri lainnya adalah :

2. Saudah binti Zam’ah
3. Aisyah binti Abu Bakar Ash Shiddiq
4. Hafshah binti Umar bin al Khaththab. Janda dari Khumais bin Hudzidah as Sahmi
5. Zainab binti Khuzaimah. Zainab ini dijuluki Ummul Masakin (ibunya orang-orang miskin). Ia janda dari Abdullah bin Jahsy yang mati syahid pada perang Uhud.
6. Ummu Salamah Hindun binti Abu Umayyah. Janda dari Abu Salamah yang meniggal pada tahun ke 4 hijriyah.
7. Zainab binti Jahsy bin Rayyab. Anak paman Rasulullah yang pernah dinikahi oleh Zaid bin Haritsah, yang pernah menjadi anak angkat Rasulullah.
Pernikahan Zainab dan Rasulullah ini dulu jadi perbincangan kaumnya. Tapi Allah yang memerintahkan pernikahan ini untuk menjelaskan tentang hukum anak angkat dan permasalahannya lewat pernikahan ini.
8. Juwairiyah binti al Harits
9.Ummu Habibah Ramlan binti Abi Sufyan. Sebelumnya dinikahi oleh Ubaidillah bin Jahsy dan Ubaidillah ini murtad masuk agama nasrani.
10. Shafiyah binti Huyay bin Akhthab
11. Maimunah binti al Harits
12. Mar’atul Qibtiyah yang melahirkan anak laki-laki bernama Ibrahim, dan meninggal sewaktu masih kecil di Madinah.
13. Raihanah binti Zaid an Nadhriyah

Published by nurhaya3

Nurhayati Pujiastuti, owner Sanggar Mama Bilqis, Founder Penulis Tangguh, Kelas Merah Jambu dan Kelas Biru. Trainer Menulis.