Kelas Menulis Online. Enaknya di Mana?

Kelas menulis? Biasanya banyak yang mendaftar kelas menulis pertemuan langsung. Tapi saya memilih lebih banyak membuka kelas menulis online. Alasannya kenapa? Alasannya adalah karena dengan kelas menulis online, jarak bisa dilipat dan waktu bisa disiati.

Kelas menulis online antara guru dan murid bertemu secara online. Biaya ditransfer lebih dahulu, barulah kelas dimulai. Itu peraturan dari saya. Lalu tentukan waktunya, kapan bisa mulai belajar. Daan buat saya yang penting keseriusan dalam belajar, karena saya akan serius juga dalam mengajar.

Kelas menulis online bisa setiap hari, bisa dua hari sekali dan bisa hanya week end saja. Saya tidak mengajarkan materi tapi langsung praktik.

Kelas-kelas menulis online kerap disepelekan oleh orang lain. Karena beranggapan bahwa yang disampaikan asal saja. Tentu saya tidak sepaham dengan hal itu.
Mereka yang mengeluarkan biaya jangan mau menerima ala kadarnya saja dari saya.
Beberapa kelas menulis online sudah menghasilkan murid-murid yang karyanya ada di mana-mana.
Penulis Tangguh
Merah Jambu
Kelas Biru

Sama seperti kelas-kelas di dunia nyata, maka yang akan berhasil adalah yang bersungguh-sungguh belajar. Tidak bersungguh-sungguh, maaf saya tidak berjanji akan bisa membimbingnya secara optimal.

Enaknya kelas menulis online ada di mana?
Dari sisi ekonomi, pengajar dan murid tidak menghabiskan waktu untuk transportasi. Cukup sediakan komputer atau gadget. Maka pelajaran bisa dilakukan.
Dari segi waktu. Murid bisa memilih waktu sesuai keinginan mereka. Boleh malam asal tidak terlalu malam, sebab masuk jam sembilan saya sudah harus tidur.
Di samping itu tentu saja, baik murid dan guru tidak fokus memperhatikan penampilan. Karena kita tidak terhubung dengan video call. Jadi hanya chatingan saja.
Daaan, ini biasanya terjadi pada murid-murid SD. Mereka kalau sudah capek atau ngantuk akan bilang ke gurunya, tanpa malu atau takut diprotes teman.