Ternyata Bunga Edelweis Punya 10 Fakta Unik yang Jarang Diketahui


sumber:mtrinjanitrekking.com

Pernah berkunjung ke Gunung Gede atau Gunung Bromo dan melihat ada pedagang menjual bunga ungu, pink, atau bahkan warna-warna lainnya, dan ada pula yang berbentuk boneka lucu? Jangan khawatir. Kalau belum pernah, segera pesan tiket Citilink untuk terbang ke Jawa Barat menuju Cianjur, untuk bisa sampai ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kalau ingin tempat yang lebih jauh lagi, kamu bisa terbang ke Malang, dan berangkat ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Semua pasti tahu, bunga yang dijajakan para pedangang itu namanya Edelweis. Edelweis itu yang juga dikenal sebagai bunga abadi. Sebenarnya sudah ada himbauan untuk tidak memetik bunga ini. Di Gunung Gede Pangrango bahkan ada himbauan agar pengunjung tidak memetik bunga yang masih tersisa di sana. Tapi bunga itu memang membuat banyak yang penasaran sehingga masih saja ada yang nekat dan tak mau tahu, tetap memetiknya. Di sekitaran Gunung Bromo sendiri, bunga ini dikabarkan sudah punah. Tapi pada kenyataannya, masih banyak pedagang yang menjajakannya.


sumber:phinemo.com

Bunga Edelweis dalam bahasa latinnya disebut Anaphais javanica Ternyata ada banyak fakta-fakta tentang bunga yang satu ini. Kalau belum tahu, yuk simak fakta berikut ini ;

1. Edelweis dapat mencapai ketinggian 8 meter dan bisa memiliki batang hingga sebesar kaki manusia. Tapi pada umumnya, bungan ini lebih sering tumbuh tidak lebih dari 1 meter.

2. Bunga ini bisa bertahan hidup di atas tanah tandus, karena dia mampu membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu yang bakal memperluas kawasan yang dijangkau oleh akar-akarnya. Hal ini tentu saja bisa meningkatkan efisiensi bunga ini dalam mencari zat hara.

3. Jika ingin melihatnya, kamu bisa datang ke tempat-tempat di mana bunga ini tumbuh, antara bulan April dan Agustus.

4. Bunga ini sangat disukai oleh serangga, termasuk kutu, tirip, kupu-kupu, lalat, tabuhan, hingga lebah. Hingga 300 spesies serangga diteliti suka berkunjung ke dekat Edelweis.


sumber:jejakalam.net

5. Penelitian menghasilkan pengetahuan bahwa Edelweis bisa tumbuh banyak dengan mudah jika cabang-cabangnya dipotong. Mungkin potongan-potongan itu, ya, yang dijual pada pengunjung?

6. Kamu bisa melihat Edelweis tumbuh indah di kawasan wisata Tegal Alun (Gunung Papandayan), Alun-Alun Surya Kencana (Gunung Gede), Alun-Alun Mandalawangi (Gunung Pangrango), dan Plawangan Sembalun (Gunung Rinjani).

7. Kenapa dijuluki sebagai bunga abadi? Rupanya Edelweis ini punya hormon tertentu yang bisa mencegah kerontokan bunganya.

8. Bunga ini lebih banyak tumbuh di tempat dengan ketinggian sekitar 2000 mpdl atau lebih, dan tergantung suhu udara dan kelembapan pada ketinggian tersebut.

9. Jika kamu melihat ada bunga edelweis yang diperjualbelikan, biasanya itu merupakan hasil budidaya petani Edelweis, yang biasanya telihat lebih gemuk dan subur ketimbang yang tumbuh di alam bebas.

10. Bunga ini dilindungi, jadi jangan dipetik sembarangan ya. Kamu bisa dihukum dengan Sanksi pidana sesuai yang disebutkan dalam pasal 40 UU Nomor 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.


sumber:kumparan.com

Nah, itu tadi 10 fakta unik bunga edelweis yang mungkin kamu belum tahu. Jika ternyata kamu sudah tahu, jangan lupa berbagi informasinya pada teman-teman yang lain. Atau kamu berniat untuk mengajak mereka melihat langsung bunga ini? Well, langsung saja cek tiket Citilink, dan pilih perjalanan ke Jawa Barat atau Jawa Timur. Kamu bisa berangkat saat long weekend, supaya lebih puas jalan-jalannya.

Then, have a nice trip!