Kunci Penting untuk Kesehatan dan Kecantikan Wanita

Sebagai seorang perempuan, apa yang sudah kita ketahui tentang diri kita sendiri? Apa yang sudah kita pahami mana yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kita sendiri? Apakah kita paham luar dalam tentang diri kita? Atau kita hanya mengikuti arus deras yang mempropragandakan cantik hanya dengan persepsi, putih, tinggi, langsing, berambut lurus saja?

Ada banyak salon kecantikan yang menawarkan program awet muda. Tapi jika perempuan paham apa yang menyebabkan ia mudah menua, tentu tidak akan terpengaruh dengan program yang menguras isi kantong.
Di lingkungan kita ada banyak bertebaran radikal bebas. Dan radikal bebas itu yang menjadi salah satu sebab penuaan.
Radikal bebas ini adalah molekul yang mempunyai satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan di orbit, sehingga relatif tidak stabil. Agar stabil molekul tersebut secara reaktif mencari pasangan elektronnya. Dan biasanya cara yang ditempuh adalah meminta sumbangan atau mencuri elektron dari sel tubuh lain. Proses ini yang akhirnya menyebabkan kerusakan sel termasuk penuaan kulit ( halaman 2-3).
Untuk mencegah penuaan tentunya dibutuhkan penangkal radikal bebas. Dan ternyata penangkalnya itu mudah sekali didapatkan di sekeliling kita. Vitamin A contohnya. Vitamin A ini dapat mencegah penuaan. Bukan hanya vitamin A. Vitamin C pun bisa membantu mengurangi keriputan. Vitamin E bisa dijadikan sebagai sumber collagen.
Semua itu bisa didapat dari makanan yang murah dan bisa didapat di sekeliling kita. Tomat, tauge, pepaya, jeruk, mangga dan beberapa buah lainnya.

Jika merasa sehat saja belum cukup karena merasa tubuh masih terlalu gemuk, maka ada rahasia lain. Rahasia itu bernama kacang, yang bisa membantu wanita untuk melangsingkan tubuh. Dan ternyata kacang yang dimakan sebagai pengganti asupan energi tidak akan membuat gemuk.
Beda jika kacang itu dimakan hanya sebagai camilan tambahan dan memakannya tanpa takaran lalu dilakukan terus-menerus. Itu yang akan membuat tubuh menjadi gemuk.

Masih ada banyak lagi rahasia dalam buku 9 Secrets of Woman yang ditulis oleh Dyah Umiyarni Purnamasari, seorang dosen ilmu gizi di Universitas Jendral Soedirman Purwakarta, diterbitkan oleh Penerbit Andi. dengan tebal 134 halaman.
Termasuk rahasia mengurangi sakit yang diderita sebagian besar wanita ketika menstruasi.
Buku yang ditulis oleh seorang yang memang bergelut di bidanngnya, untuk saya tentu saja lebih well informed dan jadi pertimbangan. Karena info yang didapat diolah dengan dan dimatangkan dengan penelitan. Sehingga pembaca bisa mendapatkan poin manfaat.

Ada 9 bab dalam buku ini, dan setiap bab diakhiri dengan informasi yang sifatnya Fakta tentang apa yang dibahas dalam bab tersebut. Dan juga ada saran yang bisa memandu pembaca jika ingin mengkonsumsi makanan sesuai takaran dan aturan agar manfaatnya optimal.
Ada resep masakan yang tidak terlalu rumit yang bisa dicoba di dapur,

Buku ini selesai saya baca dalam sekali duduk di atas kereta commuter. Saya merasa jadi lebih bahagia sebagai wanita karena paham kebutuhan tubuh saya sendiri.