Biar Idemu Terus Mengalir, Yuk Ke Sini…

Penulis, ide dan jalan-jalan?
Ada banyak tempat untuk jalan-jalan. Kalau saya selalu memilih mengajak anak-anak jalan-jalan ke temnpat yang sepi alias tidak terlalu ramai. Sepi buat saya, artinya ide bisa saya resap sebanyak mungkin dan nantinya akan bisa jadi tulisan dengan berbagai macam genre tentu saja.

Tapi jalan – jalan liburan enaknya kemana ya? Hmm.. kalau liburan ke Bali, pastinya ramai banget ya, ketika musim liburan. begitu pula tempat – tempat wisata yang ada di pulau Jawa, maupun Lombok.
Ada rencana malah saya ingin jalan-jalan sampai ke Papua.
Tapi mungkin lebih nyaman lagi kalau dari ujung Sumatera dulu, lalu pindah ke tempat lain.

Di Sumatera ada beberapa objek wisata yang menarik. Salah satunya adalah Pulau Belitung.

gambar-1

Sumber : volaretourtravel.com

Pulau Belitung memiliki banyak sekali surga tersembunyi, lima diantaranya yang sudah mulai terekspos akan dibahas di artikel ini.

Gimana, tertarik untuk liburan di Belitung? Hmm, dijamin nyesel kalau tidak ke sini. Terus gimana dong kalau minim budget? Tenang, kamu bisa manfaatkan murahnya harga tiket melalui Citilink promo.

Dengan adanya Citilink promo, kamu bisa mendapat harga terbaik dengan menggunakan destinasi Jakarta – Tanjung Pandan, mulai dari Rp299.000,- aja! Cukup murah ya, so tunggu apalagi? Segera manfaatkan murahnya harga tiket promo ini, dan langsung terbang ke Belitung sekarang juga!

Apa saja sih yang bisa kamu nikmati di Belitung ini? Hmm simak baik – baik ya, mengenai lima pantai menarik yang bisa kamu kunjungi di Pulau Belitung. Check this out!

1. Pantai Tanjung Kelayang
Pantai ini merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Belitung, terletak disebelah utara Belitung dan berjarak sekitar 20 – 30 kilometer dari kota Tanjung Pandan. Di pantai ini kamu akan sangat terpukau melihat hamparan batu granit dengan berbagai macam ukuran, hamparan pasir putih, dan air laut yang jernih. Sungguh lukisan alam yang luar biasa, dan wajib kamu kunjungi bila ke Belitung.

gambar-2

Sumber : asherwisatabangka.com

Ada satu spot menarik yang hanya akan kamu dapat nikmati disini, yakni melihat batu granit besar yang tersusun menyerupai bentuk garuda. Batu granit tersebut tentu tersusun secara alami loh, wow! Selain menikmati pemandangan, berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan disini adalah berjemur, berenang, menyelam, dan aktifitas olahraga lainnya.

gambar-3

Sumber : pesonaindonesia.travel

2. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai yang sangat indah ini terletak sekitar 30 kilometer dari kota Tanjung Pandan, keindahan pantai ini mulai terekspos ketika tempat ini menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Harus diakui, pantai ini memiliki pemandangannya luar biasa. Kamu akan melihat hamparan pasir putih yang bersanding dengan air laut berwarna hijau toska kebiruan, seserta bebatuan granit besar yang juga menambah keindahan pantai ini.

gambar-4

Sumber : beritadaerah.co.id

Ombak di pantai ini pun relatif tenang, sehingga bisa kamu nikmati dengan lebih leluasa. Tapi kamu harus tetap hati – hati ya, karena di pantai ini juga terdapat ubur – ubur. Selain menikmati pemandangan yang indah, beberapa aktifitas pun dapat kamu lakukan di pantai ini seperti, berjemur, berenang, snorkeling, menyelam, bermain jetski, kano dan perahu karet. Hmm, cukup seru ya guys.

gambar-5

Sumber : beritadaerah.co.id

3. Pantai Penyabong
Terletak di Belitung Selatan yaitu di Kecamatan Membalong, pantai ini pun menunjukan bahwa keindahan di Belitung ini memang tak pernah ada habisnya. Meskipun lokasi ini cukup jauh dari Tanjung Pandan, yakni sekitar 70 kilometer. Tapi kamu tidak perlu khawatir, pemandangan di sini sangat pantas untuk membayar perjalanan kamu.

Untuk pergi ke pantai ini meskipun cukup jauh, kamu pun tidak perlu khawatir akan berlama – lama di jalan karena macet. Karena jalanan menuju pantai ini cukup mulus dan relatif sepi. Sesampainya di pantai pun kamu akan terpukau dengan keinn\dahan batu granit yang berbalut pasir putih. Suasana yang cukup sepi di pantai ini cocok untuk kamu yang sedang mencari ketenangan selama liburan nih guys.

gambar-6

Sumber : travelsahabat.net

Meskipun cukup sepi, kamu tidak perlu khawatir karena pantai ini pun sudah menyediakan beberapa fasilitas seperti tolitet, tempat bilas, mushola, dan warung sederhana yang menyediakan makanan laut. Kebayang kan, setelah perjalanan panjang kemudian makan seafood dengan pemandangan pantai, ditemani semilir angin pantai membuat suasana tambah adem. Hmm, kamu harus coba!

4. Pantai Nyiur Melambai
Pantai ini terletak di Belitung Timur, tepatnya di Desa Lalang. Sesuai nama daerah tempatnya, pantai ini pun juga lebih dikenal dengan sebutan Pantai Lalang. Bebeda dengan pantai – pantai di Belitung pada umumnya yang memiliki hiasan batu granit, pantai ini bersih tanpa batu granit sama sekali. Hamparan pasir putih sejauh mata memandang dapat kamu nikmati di pantai ini.

Di sekitar pantai ini terdapat pohon cemara laut yang berjejer rapi, dan angin dipantai ini pun sangat kencang, sehingga pohon cemara tak berhenti melambai – lambai. Mungkin karena itulah pantai ini disebut nyiur melambai.

gambar-7

Sumber : indonesiakaya.com

5. Pantai Pulau Punai
Last but not least, yaitu Pantai Punai. Pantai ini terletak di sebelah timur Belitung, tepatnya berada di Desa Tanjung Kelumpang yang berjarak sekitar 90 kilometer dari kota Tanjung Pandan. Hmm, cukup jauh ya. Tapi it’s ok sih, karena pemandangan yang akan kamu dapatkan juga sangat indah.

Tak berbeda dengan pantai lain yang ada di Belitung, pantai ini pun memiliki komposisi yang sama. Seperti air yang jernih kebiruan, pasir yang putih, dan bebatuan granit. Hanya saja bebatuan granit disini lebih kecil dibanding pantai yang lainnya. Jika air sedang surut, kamu dapat berjalan kaki menuju Pulau Punai ini loh, wah seru banget kan ya.

gambar-8

Sumber : ksmtour.com

Gimana, udah sadar kan betapa indahanya Pulau Belitung ini. Ini baru 5 saja loh wisata yang diekspos disini, masih banyak surga tersembunyi yang bisa kamu nikmati. So tunggu apalagi, ayo liburan ke sini!