Efektif Menggunakan Media Sosial

IMG-20160617-WA0052

Social media atau media sosial bukan barang baru lagi. Hampir setiap orang dewasa memiliki akun di sosial media. Dan banyak dari mereka yang bukan hanya memiliki akun di satu sosial media, tapi mereka juga memiliki akun di setiap sosial media, baik yang sudah lama hadir maupun yang baru saja diluncurkan.
Keberadaan sosial media membuat perusahaan smart phone berlomba-lomba untuk membuat fitur komplit untuk menarik minat pembelinya.
Sayangnya masih banyak pengguna sosial media yang menggunakan sosial media untuk hal-hal yang sifatnya negatif. Masih banyak dari mereka hanya memindahkan kegundahan hatinya untuk ditulis di sosial media. Atau mengunggah sesuatu yang tidak penting dan tidak ada manfaatnya.
Tentunya sayang bila menggunakan sosial media hanya untuk hal sepele seperti itu. Padahal banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan sosial media. Diantaranya adalah :

1. Menemukan Komunitas
Jika di dunia nyata kita sulit menemukan orang yang memiliki kesamaan hobi dengan kita, di sosial media cukup mudah. Tinggal menggerakkan tangan dan tulis kata komunitas. Maka di situ tersedia banyak sekali komunitas yang bisa kita pilih. Apakah komunitas berkebun, atau komunitas merajut, atau komunitas lainnya seperti berbisnis atau memancing.
Kita tinggal meminta persetujuan untuk masuk ke dalam group itu. Setelah masuk, kita bisa bertemu dengan orang lain yang memiliki hobi yang sama dengan kita. Hasil sharing dengan teman di satu komunitas akan menambah ilmu kita.

2. Menemukan Bisnis Baru
Sesuatu yang awalnya tidak kita sukai, pada akhirnya bisa jadi kita sukai, karena kita sering melihat foto-foto yang mengundang keinginan kita untuk belajar. Yang tidak berani berdagang, bisa jadi mulai berani berdagang karena dampak interaksi dengan sosial media tersebut.
Niatkan untuk fokus belajar di sosial media. Maka dengan begitu, kita akan fokus pada status-status yang berisi info ilmu untuk kita. Misal ilmu tentang resep masakan atau ilmu berdagang. Dan ilmu itu kita niatkan juga untuk kita pakai di dunia nyata, untuk menambah penghasilan.

3. Menemukan Teman Lama
Teman lama yang kita temukan di sosial media bukan hanya digunakan untuk ajang curhat atau mengenang masa lalu, yang sudah sepuluh atau dua puluh terlewat. Tapi gunakan untuk menimba ilmu. Jika teman kita adalah seseorang yang pakar di bidangnya, kita bisa mulai dari situ. Dengan kedekatan di masa lalu, pasti akan lebih mudah teman kita itu memberikan informasi dan berbagi ilmu dengan kita.

4. Menambah Penghasilan
Ini yang sering tidak disadari oleh pengguna sosial media. Sosial media bisa digunakan untuk menambah penghasilan. Teman yang banyak di sosial media, bisa digunakan untuk menyebarkan pengaruh dan promosi apa yang kita jual.
Syaratnya tentu saja kita harus serius lebih sering upload produk andalan kita. Dan syarat yang lain kita fokus mengerjakannya.

5. Mendapat Barang Gratis
Sekarang banyak produsen yang lebih memilih memasarkan produk di sosial media terutama twitter. Mereka selalu mengadakan ajang lomba, baik itu berhadiah uang atau berhadiah barang.
Kita hanya perlu mengikuti kuis yang mereka adakan dengan mengikuti syarat yang mereka buat.Biasanya mereka menyediakan hadiah barang atau voucher untuk beberapa orang pemenang.

6. Mengukuhkan Nama
Untuk yang baru mulai merintis usaha dan ingin orang lain kenal dengan produknya, maka sosial media adalah cara yang tepat untuk itu. Seorang penjual yang susah berjualan di dunia nyata, bisa menemukan banyak pembeli di dunia maya.
Semakin kita fokus dengan status barang apa yang kita jual, semakin banyak orang yang akan meliriknya dan mengenal nama kita.

Mari belajar bijak menggunakan sosial media.