Tips Memulai Mimpi di Usia Tua

IMG-20160617-WA0033

Jika Anda punya pandangan bahwa mimpi untuk menjadi sukses, adalah haknya anak-anak muda yang masih produktif di bawah usia tigapuluh tahun, maka pandangan seperti itu adalah salah.
Setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi sukses di usia berapa saja. Setiap orang memiliki pilihan, untuk bergerak dinamis di usia tua, atau menghabiskan waktu hanya dengan bersantai-santai saja.
Anda mungkin takut jika Anda gagal ketika memulai mimpi Anda, atau mungkin Anda dipanggil pulang ke haribaanNYA lebih cepat dari yang Anda bayangkan, sehingga Anda takut untuk memulai mimpi Anda.

Beberapa hal ini yang bisa membuat Anda yakin, bahwa memulai mimpi di usia yang sudah tidak muda lagi, justru membantu Anda menjadi manusia lanjut usia yang dinamis, dan tidak tergantung pada orang lain :

1. Mulai Untuk Fokus
Fokus dilakukan untuk apa saja yang ingin Anda lakukan. Mulailah untuk mengerucutkan mimpi. Misalnya, Anda punya mimpi untuk melanjutkan sekolah lagi. Tujuannya agar Anda tidak mudah menjadi pikun, maka mulailah memilih sekolah yang tepat dan lingkungan yang mendukung Anda. Dengan begitu Anda terpacu untuk belajar bukan malah terbebani.
Jika Anda ingin mulai usaha sebagai peternak ikan, mulailah untuk belajar pada ahlinya. Atau bisa mempelajari dengan terjun langsung. Miliki lahan kecil dahulu, lalu mulai dari jumlah ikan yang tidak banyak terlebih dahulu.
Tentukan satu mimpi saja. Tujuannya agar Anda bisa melangkah dengan tenang, tanpa beban untuk mewujudkannya.

2. Semua Orang Bisa Gagal
Semua orang yang pernah merasakan memulai mimpi, pernah merasakan putus asa, bahkan dihinggapi kegagalan.
Ketika Anda fokus, misalnya dalam pendidikan, tetapi di tengah jalan Anda merasa letih dan merasa tidak kuat, coba merenunglah. Apakah benar-benar ini mimpi yang ingin Anda wujudkan?
Lalu untuk siapa mimpi itu harus Anda wujudkan?
Untuk siapa ini, yang akhirnya sering menjadi pendorong orang lanjut usia terus bergerak melangkah.
Mimpi untuk diri sendiri mungkin akan meletihkan, tetapi jika tujuan mewujudkan mimpi itu untuk contoh anak cucu Anda, dan untuk orang di sekeliling Anda, pasti Anda akan merasa senang menjalaninya.

3. Anda sudah paham kehidupan
Salah satu kelebihan orang usia lanjut yang ingin memulai mimpi adalah, mereka sudah paham kehidupan. Banyak makan asam garam kehidupan.
Jadi jika ada kegagalan menerjang, mereka akan memahaminya dengan lebih bijaksana, ketimbang anak-anak muda.
Mereka juga mengenal orang lain lebih banyak ketimbang anak-anak muda, dan lebih sabar memahaminya. Ini poin penting yang sesungguhnya akan membuat mimpi Anda mudah terwujud.

4. Kapan Lagi?
Jika tidak Anda lakukan sekarang, kapan lagi Anda bisa mewujudkan mimpi Anda? Membandingkan dengan kehidupan orang lain, hanya akan membuat Anda maju mundur dan akhirnya tidak jadi mewujudkan mimpi itu.
Sepuluh tahun ke depan, Anda akan tambah tua. Tapi jika dari sekarang Anda mulai mewujudkan mimpi Anda, sepuluh tahun ke depan , Anda akan tetap bertambah tua, tapi bertambah juga pemahaman Anda tentang hidup.