Kenapa Mesti Takut Setan?

setan siapa takut

Anak-anak sering menonton televisi, sering merasa takut dengan setan. Setan jadi-jadian hasil rekayasa. Ada yang bernama Kuntilanak, Sundelbolong dan lain sebagainya.
Sebagai muslim, kita yang sudah belajar agama pasti paham. Makhluk halus diciptakan Allah untuk mengganggu manusia. Dan mereka tidak akan pernah lelah berusaha, sampai manusia mengikuti jejak keburukan mereka.

Anak-anak kecil sering ditakuti dengan setan, sampai-sampai mereka mendengar nama setan disebut saja jadi tidak berani ke luar rumah?
Wah…, pelajaran seperti itu harus diganti.
Islam mengenal iblis, jin, atau setan.

Setan apa yang sering mengganggu?
Dalam buku Setan Siapa Takut? karya penulis Fadila Hanum, ilustari Jaka Pamungkas terbitan Gema Insani Press ditulis beberapa jenis setan yang sangat mengganggu.
Dari setan yang bernama Ruha, yang mengganggu manusia terutama soal waktu. Setan bernama Ruha ini akan mengikat waktu manusia untuk sulit terbangun di pagi hari dan menunaikan shalat Subuh.
Ada juga jenis setan bernama Khanzab yang kerjanya mengganggu manusia ketika sedang melaksanakan shalat.

Buku 71 halaman ini recommended untuk para orangtua. Bahasanyanya mudah dicerna anak-anak. Mengajarkan anak untuk paham, bahwa setan itu bukan untuk ditakuti tapi untuk dilawan.
Gambar di dalam buku ini full colour dan cukup besar. Sehingga anak-anak yang terbiasa membaca karena daya tarik gambar, akan mudah tertarik untuk melihat-lihat isi di dalamnya.
Andai mereka belum bisa membaca pun, tokoh setan dalam buku itu, akan membuat orangtua lebih enak menuntun anaknya untuk paham.